Tia Farhan
Oleh: NFA
Menurut analisis yang dipublikasikan di dalam British Journal of Sport Medicine edisi 10 April 2008, dengan mempertahankan fitness aerobik sampai usia pertengahan dan meneruskan gaya hidup ini sampai usia tua, orang dapat menunda umur biologisnya sampai 12 tahun.


Olahraga aerobik meningkatkan konsumsi oksigen di dalam tubuh yang diperlukan untuk membangkitkan energi melalui proses metabolisme. Contoh olahraga aerobik adalah joging dan bersepeda. Namun demikian, kekuatan aerobik maksimum seseorang diprediksikan mulai turun awal usia pertengahan sekitar 5 mL/kg/menit setiap dekade. Pada pria biasa umur 60 tahunan, kekuatan aerobik maksimal akan menurun menjadi sekitar 25 mL/kg/menit, yang hampir setengah kekuatan pada umur 20 tahun. Ketika kemampuan turun di bawah 18 mL/kg/menit (pada pria) atau 15 mL/kg/menit (pada wanita), hal ini menjadi sangat sulit untuk melakukan aktivitas harian tanpa kelelahan berat.

Namun demikian, menurut bukti yang ditunjukkan dalam artikel di atas, olahraga aerobik rutin dapat mencegah atau membalikkan penurunan ini di kemudian hari. Artikel ini mengkombinasikan data dari banyak sumber berbeda untuk menyimpulkan bahwa dengan peningkatan kapasitas aerobik, penuaan biologis seseorang dapat diperlambat. Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa olahraga aerobik intensif tinggi selama jangka waktu yang lama, meningkatkan kekuatan aerobik maksimum sebesar 25%. Ini setara dengan perolehan 6 mL/kg/menit atau diekstrapolasi menjadi 10-12 tahun biologis.

Penulis mengindikasikan bahwa berita ini merupakan harapan bagi para orang tua. Tampaknya ada bukti yang baik bahwa mempertahankan asupan oksigen maksimal akan meningkatkan kehidupan sehingga orang lanjut usia sehat tetap berfungsi tanpa tergantung orang lain. Efek positif lainnya dapat menurunkan risiko penyakit serius, waktu pemulihan lebih pendek setelah terluka atau sakit dan menurunkan risiko terjatuh dengan mempertahankan kekuatan otot, keseimbangan dan koordinasi.

source : Kalbe.co.id / www.kalbefarma.com
Labels: | edit post
0 Responses

Post a Comment